ANTARAJAWABARAT.com, 21/9 - Kloter pertama jamaah calon haji asal Jawa Barat akan diberangkatkan pada 1 Oktober 2011, kata Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Haji Kantor Kementerian Agama Jawa Barat Ajam Mustazam.

"Kloter pertama haji Jabar akan berangkat Sabtu (1/10), namun belum ditetapkan daerah mana yang menjadi kloter pertama itu," kata Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Haji Kantor Kementerian Agama Jawa Barat Ajam Mustazam di Bandung, Rabu.

Penetapan kloter pertama untuk pemberangkatan haji Jawa Barat akan ditetapkan pada Rabu (21/9) yang diikuti oleh perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Ajam menyebutkan, kuota jemaah haji Jawa Barat pada 2011 sebanyak 37.336 orang yang dibagi ke 26 kabupaten/kota di Jabar. Kuota haji terbanyak Kabupaten Bogor sedangkan paling sedikit Kota Banjar.

"Tahapan saat ini sudah menuntaskan pelunasan ONH hingga 9 September lalu, dan kini sebagian dalam proses penuntasan visa bagi para jemaah haji," kata Ajam.

Terkait daerah mana yang akan menjadi kloter pertama Jabar, kata Ajam tergantung kepada keputusan yang akan ditetapkan dalam rapat koordinasi dengan pejabat Kementerian Agama kabupaten/kota.

"Daerah mana saja bisa menjadi kloter pertama pemberangkatan jamaah haji, asalkan kloter pertama itu sudah siap kelengkapan administrasinya," kata Ajam.

Sementara itu Kepala Seksi Urusan Haji, Wakaf dan Infak Kementerian Agama Kabupaten Bandung, Dede Suhendar menyebutkan jumlah jemaah haji Kabupaten Bandung sebanyak 2.550 orang.

"Data pelunasan ONH, dari jumlah kuota yang yang ada hanya sembilan orang yang tidak melakukan pelunasan itu. Kami sudah mendatangi yang bersangkutan, sebagian besar sudah usia lanjut," kata Dede.

Ketika dikonfirmasi kesiapan jamaah Kabupaten Bandung untuk menjadi kloter pertama pemberangkatan haji Jawa Barat, menurut Dede tidak ada masalah, namun pihaknya menunggu hasil pembagian kloter dari Kementrian Agama Jawa Barat.

"Terkait pemberangkatan haji, kami menunggu pengumuman dari Kantor Kementerian Agama Jabar. Secara umum kami sudah menyiapkan kloter pertama, terutama dengan persyaratan administrasinya," kata Dede.

Jemaah haji Kabupaten Bandung akan diberangkatkan dalam tujuh kelompok terbang baik kloter utuh maupun kloter gabungan dengan daerah lain. Rencananya, pemberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Bandung akan dilakukan dari Lanud Sulaeman Margahayu Kabupaten Bandung.

-syarif-