TOL CIKAPALA TERHUBUNG DENGAN BANDARA KERTAJATI



ANTARAJAWABARAT.com,20/6 - Desain Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) akan diubah yakni menjadi terhubung dengan akses ke Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jabar.

"Pemprov Jabar dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) rencananya akan mengubah desain tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) supaya terhubung dengan akses ke Bandara Kertajati," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Denny Juanda Puradimadja di Bandung, Rabu.

Menurut dia, desain yang ada saat ini baru memperlihatkan pertemuan antara Jalan Tol Cikapali dengan Jalan Tol Cisumdawu namun belum terhubung ke Bandara Kertajati.

"Jadi Tol Cikapali dan Cisumdawu ini bertemu, namun satu lagi ke arah bandara (Kertajati) belum di desain, baru disketsa," ujar Denny.

Dikatakannya, pada saat rapat tentang Tol Cikapali tersebut Pemprov Jawa Barat dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang membahas tentang titik temu interchange Cikapali dengan Cisumdawu agar bisa menuju ke Kertajati hingga saat ini belum ada opsi di titik mana akses itu akan dibuat.

"Opsinya yang mana belum (belum ada), kemudian harus dibahas juga berapa luas area yang dibebaskan," kata Denny.

Ia mengatakan, akses menuju Bandara Kertajati melalui Tol Cikapali ini harus ada untuk memudahkan calon penumpang dari wilayah utara yang akan ke Bandara Kertajati.

"Dan jika ada akses Cikapali ke Kertajati itu nanti jarak interchangenya bisa sampai 20 kilometer," kata Denny.

Dikatakannya, rencana awal interchange ini akan berada di Desa Kaliangsana, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang dan Tol Cikapali sendiri adalah bagian dari proyek Tol Trans Jawa Kementerian PU.

"Pekerjaan konstruksi jalan sendiri akan dimulai dari arah Cirebon menuju Cikampek. Kemudian Sejumlah wilayah strategisyang akan dilewati antara lain Cirebon, Majalengka, Subang, Purwakarta serta Cikampek," ujar dia.***2***

Ajat S




COPYRIGHT © 2010 ANTARAJAWABARAT

PubDate: 22/Dec/2014 04:29


BERANDA