» Info Jabar
23 Juni 2009 s/d 00 0000
SEKRETARIAT PMII CIAMIS DIBOBOL MALING
Topik :
Ciamis, 23/6 (ANTARA) - Sekertariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Jalan Stasiun, Kabupaten Ciamis, dibobol maling akibatnya sebuah TV 21 inc merk sharp yang disimpan diruag tengah raib dibawa kabur pencuri.

Ketua PMII Kabupaten Ciamis, Untuh Bahtiar, Selasa, sekitar pukul 09.00 WIB mengatahi setalah pulang dari kampungnya di Majenang, Jawa Tengah.

Sebelumnya sekretariat tersebut memang seringkali kosong karena ditinggalkan pengurus yang sibuk dengan aktifitas lainnya di kampus, sehingga ketika masuk melihat satu buah TV tepat di depan meja ruang tengah hilang.

"Saya betapa kegetnya, melihat TV sudah tidak ada, saat ditanya ke teman-teman juga sama kaget karena sebelumnmya pada Minggu sore (21/6) TV tersebut masih ada," katanya.

Sementara itu Untuh bersama teman-teman anggota PMII memeriksa seluruh ruangan sekretariat hingga melihat pintu belakang rusak didobrak maling, yang diduga maling masuk lewat belakang.

Aksi pencurian tersebut bukan yang kali pertama melainkan sudah sering terjadi aksi pencurian yang membawa barang berharga di sekretariat PMII.

"Memang minggu-minggu terahir ini disekrtariat, sering terjadi pencurian, dari mulai dua HP milik teman juga hilang, bahkan celengan juga ada yang mencuri" katanya.

Semnetara itu akibat kejadian tersebut, pengurus PMII mengalami kerugian mencapai Rp3 juta, dan kejadian tersebut akan dilaporkan ke pihak yang berwajib agar dilakukan penyelidikan dan berharap pencuri bisa ditangkap secepatnya.

"Mudah-mudahan saja pencurinya ketangkap dan sadar, terus mau mengembalikan barang yang sudah dicurinya kepada kami," kata Untuh berharap.***3***
(U.PK-FPM/D/Y003/Y003) 23-06-2009 18:59:39









Tempat :
Pengirim : feri purnama
22 Juni 2009 s/d 00 0000
WARGA TOLAK SUMUR IV PT. CHEVRON
Topik :
Garut, 22/6 (ANTARA) - Warga Pasirwangi, Garut berunjukrasa menolak terhadap pembangunan sumur IV milik perusahaan lapangan eksploitasi geothermal (Panasbumi) TP Chevron di Kampung Darajat yang mereka nilai bisa merusak lingkungan bahkan dapat membahayakan.

Kemudian perwakilan dari sekitar 100 pengunjukrasa tersebut, menggelar pertemuan dan dialog dengan pihak perusahaan yang juga dihadiri unsur Muspika setempat, aparat dari Polres Garut serta perwakilan kepala desa, kata Camat Pasirwangi Yadi Kusmayadi kepada wartawan, Senin.

Sementara itu, Kabupaten Garut memiliki potensi energi panas bumi cukup besar yang diperkirakan mencapai total 1.045 Megga Watt elektrik (MWe), yang pemanfaatannya untuk pembangkit listrik baru dikembangkan wilayah Darajat sebesar 350 MWe.

Proyek eksplorasi dan eksploitasi panasbumi Darajat dimulai pada 1984, ketika Amoseas menandatangani Join Operation Contract (JOC) dengan Pertamina dan Energy Sales Contract (ESC) dengan PLN, untuk membangun sumber panas bumi.

Terdiri Darajat Unit I dioperasikan oleh PT. Indonesia Power berkasitas generator 55 MWe dengan tekanan turbin 10 Bar untuk konsumsi uap spesifik 1.84 kg/s/MWe, disusul Darajat Unit II yang dioperasikan CTEI/Chevron berkapasitas generator 90 MWe dengan tekanan turbin 13.8 bar untuk konsumsi uap spesifik 1.69 kg/s/MWe.

Sedangkan Darajat Unit III masih dioperasikan CTIE dengan kapasitas generator 110 MWe, yang selama ini memasok energi listrik interkoneksi Jawa-Bali.

Namun selama ini pula Kabupaten Garut, belum memperoleh royalti dari eksploitasi sumber daya alam tersebut, meski pemkab setempar terus berupaya untuk mendapatkannya. *** 3 ***


(U.PK-HT/B/Y003/Y003) 22-06-2009 19:01:16









Tempat :
Pengirim : John Doddy Hidayat
20 Juni 2009 s/d 00 0000
PEMILU-MEGA:TOL CIPULARANG ITU IDE SAYA
Topik :
Bandung, 20/6 (ANTARA) - Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyatakan kepada warga Bandung Raya bahwa tol Cipularang yang membuat jarak Bandung dan Jakarta menjadi lebih cepat merupakan idenya.

"Tol Cipularang itu bikinan saya tapi sayang bukan saya yang menggunting pita sehingga seolah-olah bukan ide saya," katanya dalam kampanye terbuka di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Sabtu.

Ia menuturkan selain Tol Cipularang masih banyak kebijakan lainnya untuk membangun infrastruktur dan menjadikan masyarakat sejahtera. "Saya dapat menurunkan harga cabe dan sembako jika terpilih kembali," katanya.

"Seringkali saya mengatakan bahwa saya menjadi presiden hanya dua tahun setengah sehingga masih banyak berbagai kebijakan yang belum dilakukan," katanya.

Untuk kebijakan yang telah dilakukan, lanjutnya, juga sangat banyak dan telah terbukti mampu meringankan beban masyarakat.

"Minyak sangat mudah mendapatkannya juga harga cabe yang murah, betul ibu-ibu?," tanyanya.

Mega juga menjanjikan akan melakukan perlindungan terhadap produksi dalam negeri. "Saat ini yang terjadi adalah kebalikannya, produk dari luar sangat mudah masuk," katanya.

"Pak Prabowo sering mengatakan pada saya kalau banyak masyarakat yang meminta ini dan itu tetapi apakah nanti pemilih akan memilih Mega Pro," tutur putri Bung Karno ini.

Karenanya Mega mengajak masyarakat untuk memilih pasangan nomor satu dalam Pemilu, 8 Juli mendatang. "Jangan begadang, jangan tidur, bangun pagi langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memilih nomor satu," ujarnya.

Kampanye Mega Pro yang dilakukan Mega di Jawa Barat dimulai dari Cipanas, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis sedangkan Prabowo Subianto memulai kampanyenya di Cirebon dan Kuningan.
Rencananya Megawati akan bermalam di Bandung dan melakukan serangkaian pertemuan dengan tokoh, masyarakat dan pengusaha. ***1***
(U.K-IP/B/J006/B/J006) 20-06-2009 21:32:57









Tempat :
Pengirim : Isyati Putri N
20 Juni 2009 s/d 00 0000
PEMILU - MEGA AJAK MASYARAKAT PILIH SATU-SATUNYA PEREMPUAN
Topik :
Bandung, 20/6 (ANTARA) - Calon Presiden Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat dan simpatisan untuk memilih satu-satunya perempuan dalam Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, 8 Juli mendatang.
"Yang mengetahui harga sembako hanya ibu-ibu bukan bapak-bapak. Jadi jika ingin sembako murah harus memilih ibu-ibu karena bapak-bapak tidak tahu harganya," kata Mega pada kampanye di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Mega mengatakan, saat kepemimpinannya dulu, dirinya telah membuat iklan sembako murah dan telah direalisasikan dengan penurunan harga kebutuhan bahan pokok. "Dulu harga cabe hanya Rp2.000,- sekarang Rp7.000, murah mana?" tanyanya.

"Sekarang susah 'nda' mencari minyak tanah dan murah mana minyak tanah dengan gas," tanyanya kepada simpatisannya yang dijawab serempak dengan memilih sulitnya mencari minyak tanah.

Ia menjelaskan, masyarakat Indonesia sesungguhnya tidak kesulitan dengan berbagai macam kebutuhan bahan pokok karena seluruhnya telah disediakan alam.

"Yang menjadi kendala adalah hasil alamnya dijual pada orang lain bukan dikelola sendiri sehingga harganya menjadi sangat mahal," katanya.

Karena itu, katanya, dengan ekonomi kerakyatan yang menjadi program kampanye Mega-Pro diyakini akan membuat masyarakat lebih sejahtera namun semuanya tidak dapat terealisasi jika masyarakat tidak memilihnya.

"Saya dan Pak Prabowo tidak dapat berbuat apa-apa jika anda tidak memilih dan percaya kepada kami. Untuk itu saya minta agar memilih nomor satu karena nomor satu selalu jempolan," katanya.

Kampanye pada Sabtu (20/6), Megawati dimulai dari Cipanas, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis sedangkan Prabowo Subianto memulai kampanyenya di Cirebon dan Kuningan.
Menurut rencana, Megawati akan bermalam di Bandung dan melakukan serangkaian pertemuan dengan tokoh, masyarakat dan pengusaha. Kampanye ini merupakan rangkaian kampanye Megawati di Pulau Jawa. ***1***
(U.K-IP/B/S023/S023) 20-06-2009 16:26:34









Tempat :
Pengirim : Isyati Putri N
20 Juni 2009 s/d 00 0000
PEDAGANG PASAR CIROYOM DIKAGETKAN MAYAT MISTERIUS
Topik :
Bandung 20/6 (ANTARA) - Warga Jalan Tri Sudirman, Ciroyom Kota Bandung dikagetkan oleh penemuan seorang mayat misterius di depan pertokoan, Sabtu.

Sekira pukul 14.00 WIB mayat pria itu ditemukan sedang bersandar di dinding toko dan ditutupi kain-kain.

Dari data yang diperoleh di lapangan, mayat yang diperkirakan berusia 60-an ini memakai kaos warna coklat dan celana bahan berwarna coklat.

Ciri-ciri fisik, Mr X memiliki rambut ikal pendek, berkulit hitam, dan tinggi sekitar 165 cm.

Di tangannya memakai banyak aksesoris. Kedua tangan dihiasi gelang warna-warni dan di jari kelingking sebelah kanan yang hampir putus ada bekas cincin.

Menurut seorang Saksi Engkos (44), warga sekitar tidak mengetahui identitas pria itu. Namun pria tersebut sering terlihat mondar-mandir di Pasar Ciroyom.

"Malam sebelumnya, saya masih melihat korban berjalan-jalan. Tetapi anehnya, dia terlihat aktif ngobrol dengan warga. Padahal biasanya pendiam," ujarnya.

Setelah ngobrol, korban lalu berjalan-jalan lagi dan tiduran di tembok.

"Tapi hingga jam 2, korban tidak bangun-bangun. Ketika dibangunin, badan korban sudah kaku" katanya.

Kasus tersebut langsung dilaporkan ke Polresta Bandung Barat Tidak lama kemudian, polisi melakukan olah TKP.

Kejadian ini sempat menarik perhatian warga yang sebagian besar berprofesi sebagai pedagang.***3***
(T.PSO-058/C/Y003/Y003) 20-06-2009 18:50:57









Tempat :
Pengirim : Jaka Permana
20 Juni 2009 s/d 00 0000
PERLU PEMBINAAN BERSAMA TERHADAP GENG MOTOR
Topik :
Bandung, 20/6 (ANTARA) - Berbagai aksi brutal dan tindak kriminal yang dilakukan para anggota kelompok geng motor di Kota Bandung yang dirasa sudah mengganggu ketertiban masyarakat, menjadikan perlunya pembinaan bersama dari berbagai pihak kepada para remaja yang tergabung dalam geng motor.

Pendapat bernada imbauan tersebut disampaikan Agi (45) salah seorang pembina kawanan bermotor XTC salah satu geng motor di Bandung, Sabtu terkait kecaman berbagai pihak terhadap aksi geng motor yang terus berlangsung hingga saat ini.

Dikatakan, pembinaan dalam arti memberikan pendekatan-pendekatan kepada anggota kawanan bermotor agar bisa melakukan hal-hal yang positif.

Aparat kepolisian dan pemerintah agar merangkul anggota geng motor, serta di ikut sertakan dalam kegiatan-kegiatan positif.

"Bukanya malah diberantas, kita pun sering kok melakukan kegiatan-kegiatan positif, namun selalu tidak disorot oleh media," katanya.

Menurut Agi, banyak anggotanya yang mempunyai kreatifitas yang sangat tinggi dan salah satunya dalam segi otomotif, salah satunya dengan di bidang balap.

"Namun, karena tidak ada sarana dan tempat yang memadai, akhirnya banyak anggota yang melakukan balap liar," ucapnya.

Apabila seluruh anggotanya dirangkul oleh kepolisian dan pemerintah, ia menyebutkan, kawanan bermotor tidak akan melakukan aksi anarkis yang sering terjadi akhir-akhir ini Bandung.

"Kita juga sebenarnya patuh Hukum, mana mungkin kita melawan kepolisian apabila sudah dirangkul," ujarnya.

Hingga saat ini, kawanan bermotor yang dalam pembinaan Agi mencapai 5000 anggota tersebar di berbagai kota se Jawa barat.

Di Bandung juga sudah lebih dari 2000 anggota dan sekarang sedang diadakan pemutihan pendataan untuk anggota yang masih aktif.

Disinggung mengenai sikap anarkis oleh anggotanya akhir akhir ini, ia mengatakan, banyak oknum yang mengaku bahwa sebagai anggota kawanan bermotor.

"Sebenarnya saya sebagai pembina dari awal berdirinya XTC, tidak pernah mengajarkan kepada anggota untuk berprilaku anarkis, namun atas kejadian kemarin saya sangat menyesalka," katanya. ***4***
(T.PSO-058/B/M019/M019) 20-06-2009 13:39:47









Tempat :
Pengirim : Jaka Permana
20 Juni 2009 s/d 00 0000
PANWASLU JABAR BARU TERIMA LIMA KASUS PELANGGARAN
Topik :
Bandung, 20/6 (ANTARA) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jawa Barat hingga saat ini baru menerima empat laporan dan satun temuan dugaan pelanggaran Kampanye Pilpres 2009.

"Jumlah laporan dan temuan pelanggaran tidak sebanyak Pemilu Legislatif lalu, kami baru terima empat laporan dan satu temuan dugaan pelanggaran," kata Ketua Panwaslu Jawa Barat, Mahi Hikmat di Bandung, Sabtu.

Menurut Mahi, tiga pelanggaran diantaranya oleh tim sukses Megawati - Prabowo sedangkan lainnya melibatkan tim kampanye SBY - Boediono.

Yang paling baru, temuan dugaan pelanggaran kampanye yang melibatkan Wagub Jawa Barat H Dede Yusuf yang menghadiri diskusi dan kampanye Cawapres Boediono tanpa cuti, Jumat kemarin.

Sedangkan kasus sebelumnya yang melibatkan pejabat adalah dugaan pelanggaran oleh Bupati Majalengka Sutrisno yang membagikan sembako dengan menyertakan brosur Mega - Prabowo.

"Untuk dugaan pelanggaran di Majalengka sudah dilimpahkan ke Polres Majalengka, sedangkan yang melibatkan Pak Dede Yusuf baru diplenokan oleh Panwaslu," kata Mahi Hikmat.

Pihak Panwaslu, kata Mahi akan melakukan klarifikasi terhadap beberapa orang saksi yang terkait dalam kegiatan diskusi Ekonomi Syariah yang dihadiri Cawapres Boediono di kawasan Dago Kota Bandung.

Meski demikian, kata Mahi Hikmat, Panwaslu Jawa Barat tetap mengedepankan azas peaduga tak bersalah dan menyerahkan proses selanjutkan kepada aparat terkait.

"Kami hanya menerima laporan dan mengumpulkan data dan fakta dugaan pelanggaran itu, Bila ada indikasi pidana diteruskan ke Kepolisian sedangkan pelanggaran administratif diteruskan ke KPU," kata Mahi Hikmat.

Saat ini, kata Mahi, Panwaslu Jawa Barat fokus melakukan pengawasan proses kampanye yang dilakukan oleh ketiga pasangan capres dan cawapres.

Meski demikian, Panwaslu bersama Panwaslu Kabupaten/ Kota hingga Panwascam terus melakukan pengawasan tahapan Pilpres termasuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya praktik politik uang jelang pemilihan.

"Panwaslu hanya melakukan pengawasan, tidak melakukan teguran atau menindak. Panwaslu tidak punya kewenangan untuk menindak, laporan itu diteruskan ke Polri atau KPU sesuai dengan jenis pelanggarannya," kata Ketua Panwaslu Jabar itu menambahkan.***1***



NNNN


(T.S033/B/Y003/B/Y003) 20-06-2009 21:32:29









Tempat :
Pengirim : Syarif Abdullah
20 Juni 2009 s/d 00 0000
32.616 SISWA SMP BANDUNG LULUS UAN
Topik :
Bandung, 20/6 (ANTARA) - Sebanyak 32.616 siswa kelas III SMP di Kota Bandung lulus Ujian Akhir Nasional (UAN) 2009 dengan tingkat kelulusan mendapai 99,19 persen.

"Kelulusan UAN tingkat SMP mencapai 99,19 persen, angka itu meningkat dari 2008 yang hanya di kisaran 98 persen," kata Kepala Disdik Kota Bandung, Oji Mahroji di Bandung, Sabtu.

Sementara itu jumlah siswa yang tidak lulus UAN tahun ini sebanyak 264 orang atau sekitar 0,81 persen.

Sedangkan tingkat kelulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kota Bandung juga cukup tinggi yakni sebanyak 2,568 orang, sedangkan yang tidak lulus 29 orang.

Hanya saja, tingkat ketidak lulusan UAN SMP Terbuka di kota itu masih tinggi. Dari sebanyak 652 peserta UAN di kota itu, 70 siswa diantaranya tidak lulus. Namun demikian angka itu lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Pengumuman kelulusan siswa SMP, MTS dan SMP Terbuka dilakukan melalui Kantor Pos dan diterima siswa pada Sabtu siang.

Setelah mengetahui kelulusan mereka, para siswa datang ke sekolah masing-masing dan berkumpul dengan teman-temannya merayakan kelulusan.

Sementara itu, pengumuman kelulusan UAN untuk SMK juga diumumkan pada Sabtu siang melalui Kantor Pos. Pengumuman kelulusan peserta UAN tingkat SMK sempat tertunda karena Dinas Pendidikan Jawa Barat melakukan klarifikasi terkait nilai kelulusan SMK di Jawa Barat yang rendah.

Akibatnya pengumuman kelulusan yang seharusnya dilakukan Selasa lalu, diundur beberapa hari menjadi Sabtu ini.

Menurut Oji Mahroji, dari sebanyak 11.210 peserta UAN SMK, sebanyak 10.970 siswa lulus ujian dan 250 siswa tidak lulus sehingga harus mengikuti ujian kompetensi pada Oktober mendatang.

"Masih ada sebanyak 81 siswa yang nilainya bolong, kami akan klarifikasi dan menelusuri penyebab belum adanya nilai itu. Mudah-mudahan saja bisa segera diumumkan," kata Oji.

Pengumuman nilai pada Sabtu juga dilakukan untuk Ujian Nasional Pengganti yang dilakukan di SMA 06 Kota Cimahi dan SMA Pasundan 2 Cimahi.

UN pengganti di SMA 6 Cimahi hasilnya sebanyak 161 siswa IPA lulus dan seorang tidak lulus sedangkan untuk program IPS 159 siswa lulus dan satu tidak lulus.

Sesangkan hasil UN di SMA Pasundan 2 Cimahi kelompik IPA 221 lulus dan tiga orang tidak lulus, sedangkan program IPS sebanyak 172 lulus dan sembilan lainnya tidak lulus.
Sementara itu, sebanyak 37.425 siswa kelas VI SD di Kota Bandung dinyatakan lulus Ujian Nasional 2009. Mereka berhak mendapatkan STTB dan melanjutkan ke SMP.

Nilai tertinggi UN di Kota Bandung untuk tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA yakni 27,22 yang dicatat seorang pelajar SBD Banjarsari Kota Bandung.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Oji Mahroji menyebutkan jumlah peserta UN SD yang mencatat nilai UN di di atas 27,00 sebanyak 700 orang.

"Jumlah pelajar yang meraih nilai 27,00 ke atas sebanyak 700 orang," kata Oji.

Hal itu, kata Oji kemungkinan akan mendorong passing grade masuk SMP di Kota Bandung cukup tinggi. Dengan 700 siswa yang mencapai nilai angka UN di atas 27,00, mereka sudah setara dengan dua SMP dimana setiap SMP menerima 350 siswa baru.

Menurut Oji, ruang kelas SMP di Kota Bandung saat ini sekitar 33 ribu siswa, MTs 2.600-an. Sisanya yang tidak masuk SMP dan MTs akan ditampung di SMP Terbuka.***3***


NNNN



(T.S033/B/Y003/B/Y003) 20-06-2009 21:28:36









Tempat :
Pengirim : Syarif Abdullah
20 Juni 2009 s/d 00 0000
JABAR KONTINGEN BERPRESTASI KEMAH PRAMUKA SANTRI NUSANTARA
Topik :
Bandung, 20/6 (ANTARA) - Kontingen Jawa Barat (Jabar) terpilih menjadi Kontingen Berprestasi pada Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Kiarapayung Kecamatan Jatinagor Kabupaten Sumedang Jawa Barat, 15-20 Juni 2009.

Pada kegiatan perkemahan santri yang kedua di Indonesia itu, juga menempatkan Kontingen Jawa Timur sebagai Kontingen Tergiat.

Penyerahan trofi dan penghargaan dilakukan langsung oleh Menteri Agama M Maftuh Basyuni yang sekaligus menutup kegiatan perkemahan santri itu.

Kontingen Jawa Barat sebagai kontingen berprestasi meraih penilaian terbaik dari kategori sangga kerja putra dan putri, majalah dinding putra, lomba mengarah dalam bahasa Inggris.

Sedangkan Jawa Timur menjadi yang terbaik untuk materi karnaval, mengarang dalam bahasa Arab putra dan putri,
Sementara itu Kontingen Maluku unggul dalam ekspos sains dan teknologi tepat guna. Papua dan Jambi unggul di materi ekspos seni budaya putra dan putri.

Suasana penutupan Kemah Pramuka Santri Nusantara 2009 penuh keceriaan. Sekitar 5.937 siswa santri peserta perkemahan berbaur di Lapangan Kiarapayung Jatinangor yang diselingi menyanyi dan menari.

Sementara itu Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. Mochamad Ali menyebutkan, Perkemahan Pramuka Santri Nusantara ke-3 akan digelar tiga tahun kemudian.

"Pelaksanaan kemah santri akan digelar pada 2012 mendatang, enam daerah sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah," kata Mochamad Ali.

Keenam daerah itu adalah Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan dan Jawa Timur.

"Pada perkemahan santri mendatang diupayakan tidak hanya diikuti Pramuka Penegak tapi juga untuk Pramuka Penggalang dan Pandega," kata Dirjen Pendis Departemen Agama itu menambahkan.

***3***
(S033/Z003
(T.S033/B/Z003/C/Z003) 20-06-2009 12:25:22









Tempat :
Pengirim : Syarif Abdullah
20 Juni 2009 s/d 00 0000
MENAG TUTUP PERKEMAHAN PRAMUKA SANTRI NUSANTARA 2009
Topik :
Sumedang, 20/6 (ANTARA) - Menteri Agama M Maftuh Basyuni menutup Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009 di Bumi Perkemahan Kiarapayung Kecamatan Jatinagor Kabupaten Sumedang Jabar, Sabtu.

Penutupan kegiatan perkemahan itu ditandai dengan penanggalan lencana peserta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009 serta pencabutan kapak Bhinneka Tunggal Ika.

Kemah Pramuka Santri 2009 berlangsung 15-20 Juni 2009 yang diikuti sebanyak 5.937 siswa santri dari 33 provinsi di Indonesia.

Menteri Agama dalam sambutannya menyatakan komitmennya untuk mendorong pengembangan Pramuka Santri di pondok-pondok pesantren di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Menag menginstruksikan seluruh jajaran Kanwil Depag di daerah untuk menggarap dan mendorong optimalisasi Pramuka Santri sebagai salah satu potensi dalam meningkatkan peran sosial pesantren.

"Perkemahan Pramuka Santri merupakan momentum penting untuk meneguhkan komitmen membangun nilai patriotisme dan etos kerja yang tinggi namun tetap mengusung kesederhanaan," kata Maftuh Basyuni.

Menag menyebutkan, Pramuka Santri merupakan salah satu upaya meningkatkan dan menanamkan rasa kebangsaan, meningkatkan kreativitas, bela negara dan menegaskan komitment sekaligus beradaptasi dalam bingkai kokohnya akhlakul karimah.

"Ke depan Pramuka Santri dirancang dalam upaya meningkatkan silaturahmi budaya untuk lebih meningkatkan nasionalisme dan patriotisme komponen bangsa.

Menag menyebutkan, kepercayaan masyarakat terhadap pesantren terus meningkat. Selain tumbuhnya sekolah-sekolah umum, pesantren juga berperan menjadi fasilitas rehabilitasi sosial.

"Ponpes berperan sebagai pusat rehabilitasi sosial yang dipilih masyarakat untuk menyelamatkan keluarga mereka. Santri perlu diberdayakan dalam memberikan peran sosialnya," kata Menag.

Sementara itu kegiatan Kemah Pramuka Santri 2009 bertema "Pramuka Santri Indonesia Bertekad untuk Menujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Kerangka Bhinneka Tunggal Ika".

Beberapa kegiatan yang digelar dalam perkemahan santri nasional itu yakni aktivitas kepramukaan santri, parade semaphore, ekspos keahlian dan keterampilan santi bidang sains dan teknologi.

Selain itu, ekspos seni dan budaya khas daerah, penananaman pohon khas daerah serta Seminar Nasional "Revitalisasi Pramuka Santri di Pondok Pesantren".

Prestasi yang dicapai dari Perkemahan Santri Nusantara 2009 antara lain pemecahan Rekor MURI kategori parade semaphore dengan peserta terbanyak (5.000 orang) serta tereksposnya seni dan budaya khas daerah.

Selain itu, juga dilakukan penanaman 113 jenis pohon khas daerah yang dilakukan di Taman Bhinneka Tunggal Ika di kompleks Perkemahan Kiarapayung Jatinagor.

***3***
(S033/B/Z003
(T.S033/B/Z003/C/Z003) 20-06-2009 10:54:34









Tempat :
Pengirim : Syarif Abdullah
<< First | < Previous | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | Next > | Last >>