Jumat, 31 Oktober 2008
BESOK KPU TETAPKAN PERHITUNGAN PILBUP CIREBON
Ditulis Oleh : Budi Santoso

Cirebon, 31/10 (ANTARA) - KPUD Kabupaten Cirebon, Sabtu besok (1/11) akan menetapkan perhitungan suara tingkat Kabupaten sekaligus pengumuman pemenang Pilkada Kabupaten Cirebon, di hadapan tim sukes ketiga pasangan calon, perwakilan parpol, desk Pilkada serta masyarakat.

"Sabtu besok, KPUD Kabupaten Cirebon akan merekap penghitungan suara Pilkada Kabupaten Cirebon 2008 didahului dengan laporan masing-masing Panita Pemilihan Tingkat Kecamatan," kata anggota KPUD Kabupaten Cirebon, Didi Sukardi, di KPUD Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat.

Menurut Didi, sebelumnya selama tiga hari terakhir, pihaknya melakukan penghitungan dan pendataan suara yang masuk dari 40 PPK dan besok hasil setiap PPK akan diumumkan secara terbuka.

Ia mengaku tidak khawatir terjadi aksi protes atas penetapan hasil akhir penghitungan suara karena pihaknya sudah melakukan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku, namun tetap memberikan kesempatan kepada masing-masing tim sukses untuk mengajukan keberatan.

Batas waktu bagi pihak-pihak yang berkeberatan atas hasil penghitungan untuk membuat surat, yaitu selama tiga hari sejak penetapan hasil akhir penghitungan suara. Itu sesuai dengan peraturan. "Selama jangka waktu itu, kami mempersilakan mereka mengajukan proses hukum," katanya.

Ia juga mengatakan, tim sukses juga diberikan kesempatan untuk mengajukan keberatan dan protes selama penyampaian dan perhitungan hasil rekap suara oleh PPK.

"Mereka punya hak untuk interupsi dan komplain terhadap penyampaian rekap hasil suara oleh PPK, misalnya ada angka yang tidak sama di satu desa. Semua didasarkan untuk mencari kebenaran data," katanya.

Setelah semua rekapitulasi hasil perhitungan oleh PPK disampaikan dan disesuaikan dengan perhitungan manual dan hasil perhitungan tim sukses ketiga pasangan calon, selanjutnya KPU akan menyusun berita acara penerimaan rekapitulasi jumlah suara yang sah, sekaligus akan pengumumkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih.

Penghitungan akhir suara KPUD Kabupaten Cirebon, yang rencananya besok ditetapkan, menunjukkan, duet Dedi Supardi-Ason Sukasa (Desa) tetap mendominasi perolehan suara dengan meraih 470.521 suara atau 50,42 persen.

Perolehan suara duet yang diusung PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, dan PBB, serta aliansi 12 partai politik lainnya itu mengungguli rival terberatnya, Djakaria Machmoed-Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat (Damar).

Pasangan Damar yang diusung PKB, PKS dan PPP meraih 360.714 suara atau 38,65 persen, sedangkan pasangan dari jalur perseorangan Sunjaya Purwadi-Abdul Hayii Imam (SAH) meraih 102.041 suara atau 10,93 persen.***3***

(U.B013/B/K-ASR/K-ASR) 31-10-2008 19:02:24










[ Kembali ]