9 Makanan Lezat Paling Populer dan Terkenal di Bandung

Ini dia daftar kuliner khas Bandung yang hits dan paling terkenal. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kota Bandung merupakan salah satu surga kuliner terbaik di Indonesia. Ada banyak jajanan dan jajanan tradisional unik yang bisa Anda temukan di sini.

Setelah kamu selesai menjelajah berbagai tempat wisata di Bandung bersama keluarga atau sahabat, akan semakin asyik jika terus mampir ke beberapa pusat kuliner untuk mencicipi berbagai sajian yang lezat.

Jajanan Khas Bandung

Belum lengkap rasanya pergi ke Bandung untuk berekreasi tanpa mencicipi makanan khasnya. Mulai dari makanan berat, jajanan, hingga minuman spesial semua ada di sini, kamu tinggal pilih yang mana sesuai selera.

1. Seblak

Makanan khas Bandung yang bernama seblak ini cukup populer di kalangan wisatawan dan anak sekolah. Hampir di setiap kota besar di Indonesia sangat mudah menemukan penjual seblak. Nah, buat kamu yang belum tahu apa itu, simak terus artikel ini!

Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus (baca: kerupuk basah) dan dicampur dengan campuran bumbu pedas yang terdiri dari cabai, bawang putih, garam hingga kencur. Tak hanya itu, biasanya ditambah dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, seafood atau olahan daging sapi.

Sebenarnya ada 2 jenis seblak, yaitu seblak kering dan seblak basah. Namun, saat ini Seblak Basah lebih terkenal sebagai kuliner Bandung yang hits dengan berbagai macam topping, mulai dari bakso, siomay, jamur, brokoli, kwetiauw, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang ingin mencicipi seblak enak di Bandung bisa mampir ke Seblak Basah Deu ‘Tjenghar Jl. Purnawarman, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung dan Seblak Oces Jl. Tamansari (Depan Unisba). Untuk harga satu porsinya terbilang cukup murah yaitu sekitar 8-12 ribu rupiah.

2. Nasi Tutug Oncom

Sesuai dengan namanya, masakan khas Bandung ini berbahan dasar nasi dengan bumbu oncom yang diberi sedikit tepung tapioka (tepung kerupuk) dan diolah dengan cara disangrai. Untuk penyajiannya, biasanya Nasi Tutug Oncom dipadukan dengan sambal, kerupuk hingga ditambahkan sedikit lalapan.

Kelezatannya yang menggoyang lidah membuat Nasi Tutug Oncom banyak digemari oleh masyarakat Jawa Barat. Tak heran, hidangan ini juga terkenal sebagai salah satu kuliner Bogor yang wajib dicoba.

3. Nasi Timbel

Ada satu lagi sajian nasi khas Bandung yang unik dan nikmat yang sayang untuk dilewatkan yaitu Nasi Timbel. Apa itu seh Nasi Timbel? Nasi ini sebenarnya nasi putih biasa, hanya disajikan panas dan dibungkus dengan daun pisang.

Aroma daun pisang unik banget, serasa berada di kampung sunda kuno. Apalagi jika disantap bersama tahu, tempe goreng, ayam goreng, sambal, dan lalapan. Itu sangat enak!

4. Karedok

Nah, jika kamu mengenal karedok, tentunya kamu sudah mengenalnya bukan? Karedok cukup populer sebagai makanan khas Jawa Barat termasuk kota Bandung. Karedok terbuat dari bahan nabati mentah seperti ketimun, tauge, kubis, kacang hijau, kemangi dan terong.

Sayuran tersebut kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula aren, garam dan terasi. Untuk mencari keredok tidaklah sulit, yang harus anda lakukan hanyalah mencari restoran sunda di bandung yang wajib memiliki menu makanan ini.

5. Lotek

Bandung memang terkenal dengan cita rasanya yang luhur. Lotek merupakan makanan yang terdiri dari lalapan kemudian dicampur dengan bumbu kacang. Sekilas mirip dengan makanan khas Malang bernama pecel, tapi lotek terlihat seperti teras yang lebih manis.

Untuk bumbu kacang, bisa dibuat dari kacang tanah, terasi, gula merah, dan bawang putih. Lotek biasanya disajikan dengan lontong atau nasi hangat, kerupuk dan bawang goreng. Nah, kalau disajikan serba seperti ini, tidak jauh berbeda dengan makanan khas Jakarta yang paling terkenal, yaitu gado-gado.

6. Mie Kocok

Bagi Anda penggemar mie, kuliner khas Bandung wajib dicoba, yaitu mie kocok. Apa itu mie kocok seh? Sesuai dengan namanya, mie ini dibuat dengan cara dikocok atau diaduk sebelum disajikan. Sarananya terdiri dari mie, aneka sayuran seperti tauge, dan kikil sapi.

Rasanya yang gurih membuat siapa pun tergoda untuk menyantap mie yang satu ini. Biasanya mie kocok dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak seperti bakso / mie ayam. Namun ada juga penjual berupa warung atau rumah makan.

Ada cukup banyak tempat mie kocok enak dan terkenal di Bandung yang bisa Anda kunjungi, di antaranya Mie Kocok Mang Dadeng di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No.67 Bandung, Mie Kocok Pak Enco di depan Kartika Sari Kebon Kawung atau Mie Kocok Gakil Jl. Dago No. 113 Bandung.

7. Kupat Tahu

Nah, buat kamu yang sedang mencari makanan enak untuk sarapan di Bandung, Kupat Tahu bisa jadi pilihan yang tepat. Kuliner yang satu ini terdiri dari kupat (ketupat), tahu goreng dan tauge rebus. Semuanya kemudian disiram dengan bumbu atau pasta kacang, kecap, sambal, dan kerupuk.

Jika melihat bumbu kacang / terasi, setidaknya ada dua jenis tahu yang bisa Anda temukan, yaitu tahu kupat padalarang dan tahu kupat di Bandung. Kupat Tahu Padalarang cenderung encer dengan aroma manis dan gurih, sedangkan Kupat Tahu adalah makanan khas Bandung dengan kuah kacangnya yang sangat kental.

Salah satu penjual tahu kupat paling enak dan terkenal di Bandung ada di kawasan Pasar Gempol. Buka setiap pagi menggunakan gerobak sederhana di ujung gang Gempol. Kupat Tahu Gempol memang cukup melegenda, karena sudah ada lebih dari 30 tahun.

8. Mochi Es Krim

Makanan khas Bandung yang unik dan unik ini baru-baru ini menjadi hits. Ice Cream Mochi merupakan modifikasi dari oleh-oleh khas Sukabumi yang bernama kue mochi.

Jika biasanya kue mochi berisi campuran kacang manis, es krim mochi ini mengandung berbagai macam rasa es krim, antara lain Chocolate, Strawberry, Vanilla Blue, Greentea dan Durian. Rasa kenyal lapisan mochi ditambah dengan es krim dingin yang lembut di lidah tentunya akan memberikan sensasi nikmat yang luar biasa.

Ice cream mochi ini bisa kamu cicipi di toko Mochilok Jalan Sekeloa No.31, Dipatiukur, Sekeloa, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB, kecuali hari Senin sepertinya tutup.

9. Surabi

Siapa yang tak kenal Surabi? Hampir semua orang pasti tahu dan mungkin sering mencicipinya. Surabi bisa dibilang salah satu jajanan khas Bandung yang paling digemari masyarakat.

Pada awalnya surabi dibuat dari tepung kemudian dibakar menggunakan cetakan tanah liat dengan adonan yang kental. Rasanya terbatas, hanya manis dan gurih.

Namun saat ini Surabi telah mengalami modifikasi rasa dengan puluhan varian topping dari topping tradisional hingga modern seperti toping oncom, nangka, keju, coklat, pisang, durian atau sosis.

Untuk menikmati surabi enak di Bandung bisa mampir ke Surabi Imut atau Surabi Enhaii yang merupakan pionir surabi modern dengan 23 rasa. Alamatnya ada di Jalan Setiabudi, kota Bandung.

» » 9 Makanan Lezat Paling Populer dan Terkenal di Bandung